Garap Proyek Yogyakarta International Airport, PT PP Implementasikan BIM 6D

Garap Proyek Yogyakarta International Airport, PT PP Implementasikan BIM 6D
Ruang tunggu penumpang di Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Foto: GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

jpnn.com, JAKARTA - PT Pembangunan Perumahan (PP) terus mengimplementasikan building information modeling (BIM) dalam proyeknya. Mulai 2018, BIM menjadi proses yang wajib untuk seluruh proyek-proyek baru perseroan, mulai dari tender, pelaksanaan proyek sampai serah terima proyek.

"Dengan penerapan BIM, pelaksanaan kontruksi menjadi lebih cepat, akurat, efisien dan menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga bisa meningkatkan kepuasan dari stakeholder," ujar Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT PP Agus Purbianto belum lama ini.

Pada proyek Yogyakarta International Airport, PT PP telah membuktikan komitmennya dalam menerapkan BIM di seluruh tahapan konstruksi. Dalam proyek Yogyakarta International Airport mengimplementasikan BIM mulai dari level 3D (modeling), 4D (project sequencing), 5D (quantity take off) hingga 6D (energy simulation).

BACA JUGA: PT PP Bagikan Dividen Rp300 Miliar

"Dengan menggunakan teknologi tersebut diharapkan bisa menunjang percepatan penyelesaian proyek Yogyakarta International Airport," harap Agus.

Pada tahun ini PT PP juga akan kembali menggelar acara digital construction day yang kedua, di mana dalam acara tersebut akan lebih difokuskan pada pengembangan terkini BIM dan teknologi digital.

Kegiatan tersebut kata Agus diharapkan bisa membawa konstruksi Indonesia sejajar dengan negara-negara yang lebih maju.(chi/jpnn)


Pada proyek Yogyakarta International Airport, PT PP telah membuktikan komitmennya dalam menerapkan BIM di seluruh tahapan konstruksi.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News