Gayeng! Khofifah Nyanyi Kabeh Sedulur Kabeh Makmur di Hari Pertama jadi Gubernur

Gayeng! Khofifah Nyanyi Kabeh Sedulur Kabeh Makmur di Hari Pertama jadi Gubernur
Kirab Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Dardak. Foto: Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak memberi sinyal bakal memimpin Jawa Timur dengan penuh kesejukan silaturahmi. Setidaknya itu terlihat saat duet yang baru satu hari menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim itu menyampaikan pidato kerakyatan di lapangan tugu pahlawan Surabaya, Kamis (14/2) kemarin.

Di hadapan para aparatur sipil negara serta masyarakat yang hadir, Khofifah memberikan penghormatan khusus terhadap kompetitornya pada Pilgub lalu, duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. ”Program-program yang sudah dirumuskan beliau, kami akomodir dalam program kami lima tahun ke depan,” katanya.

Tak hanya itu, Khofifah bahkan menyanyikan lagu berjudul kabeh sedulur kabeh makmur (kurang lebih bermakna 'kita semua adalah saudara, kita semua bisa sejahtera bersama-sama'), yang menjadi lagu dan tagline Saifullah-Puti selama masa kampanye Pilgub lalu.

Nuansa islah makin terasa saat agenda syukuran dan open house yang digelar duet Khofifah-Emil di gedung negara Grahadi. Sekitar pukul 21.30, Saifullah Yusuf bertemu dengan mantan rivalnya itu. Suasana pertemuan mereka begitu gayeng. Sejumlah isu dibahas dalam pertemuan itu. ”Semoga, beliau (Khofifah-Emil) mampu membawa Jatim lebih baik ke depan,” kata Saifullah.

Saifullah mengaku mengapresiasi duet Khofifah-Emil yang mau membuka diri berbagai masukan, termasuk mengakomodir visi misinya dalam Pilgub lalu. ”Kepemimpinan beliau tidak perlu diragukan. Tinggal bagaimana pelaksanaannya. Semoga, seluruh jajaran pemprov bisa mengikuti,” katanya.

(Baca: Top! Khofifah - Emil Minta Izin ke Gus Ipul - Mbak Puti Terapkan Program Desa Cemara di Jatim)

Rangkaian acara hari pertama duet Khofifah-Emil sebagai Gubernur-Wagub Jatim kemarin diawali dengan silaturrahmi mereka ke Ponpes Amanatul Ummah. Di sana, mereka bersilaturrahmi dengan para kiai dan ulama yang berkumpul di sana. Tercatat, ada 99 kiai yang hadir.

Setelah itu, keduanya bergerak menuju Masjid Al Akbar. Di sana, Khofifah-Emil melangsungkan salat dan doa bersama. Juga ada sesi sujud syukur. Agenda lantas dilanjutkan dengan konvoi menuju Tugu Pahlawan. Di sesi itu, Khofifah-Emil menaiki Jeep kuno diiringi lantunan Shalawat oleh 1.000 rebana pelajar jatim.

Nuansa islah makin terasa saat open house yang digelar duet Khofifah - Emil. Lawannya di pilgub, Saifullah Yusuf datang dan membahas sejumlah isu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News