Gelar Operasi Pangan, Mentan Amran Batasi Harga Bawang Putih Rp 30 Ribu

Gelar Operasi Pangan, Mentan Amran Batasi Harga Bawang Putih Rp 30 Ribu
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin dan Mentan Amran Sulaiman (baju putih) dalam operasi pasar bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/5) siang. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Satuan Tugas Pangan menggelar operasi pasar pangan di Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (5/5).

Dalam operasi itu, Amran mengumumkan bahwa pemerintah menetapkan harga bawang putih paling tinggi Rp 30 ribu per kilogram di Indonesia.

"Kami berikan target harga bawang putih maksimal 30 ribu per kg. Antara Rp 25-30 ribu per kg. Tidak boleh melewati itu," kata Amran di Pasar Induk Kramatjati.

Keputusan itu merupakan perintah Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas (ratas) kemarin. Presiden, kata Amran, juga menginstruksikannya untuk turun langsung meninjay ke lapangan berbagai harga komoditas strategis, khususnya bawang putih.

Dia melaporkan, stok bawang putih saat ini telah mencapai 100 ribu ton, atau dua kali lipat dari kebutuhan pasar saat ini yang sebesar 50 ribu ton. Karenanya, Amran meminta kepada seluruh importir bawang putih untuk menurunkan harga jual dari Rp 46 ribu menjadi Rp 25-30 ribu per kg.

"Kami sudah siapkan stok dua kali lipat 100 ribu ton. Jadi tidak ada alasan harga bergejolak," kata menteri asal Sulsel ini. (tan/jpnn)


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta kepada seluruh importir bawang putih untuk menurunkan harga jual dari Rp 46 ribu menjadi Rp 25-30 ribu per kg.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News