Gelar Rukyatulhilal di 102 Titik, Kemenag Tetapkan Besok Mulai Puasa Ramadan

Gelar Rukyatulhilal di 102 Titik, Kemenag Tetapkan Besok Mulai Puasa Ramadan
Jumpa pers Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait hasil sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1440 H di Jakarta, Minggu (5/5) petang. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin besok (6/5). Keputusan itu diambil sebelah Tim Rukyatulhilal Kemenag melihat anak bulan sudah dalam kondisi wujud jelang magrib tadi.

"Dengan mendengarkan saksi-saksi yang telah melihat hilal, tentunya di bawah sumpah, maka 1 Ramadan 1440 H jatuh pada besok Senin," kata Meteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam jumpa pers hasil sidang di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Minggu (5/5) petang.

Baca juga: Ikhbar dari PBNU: Besok Awal Puasa Ramadan 1440 H

Lukman mengatakan, umat Islam sudah bisa memulai Salat Tarawih malam ini. Selanjutnya, besok umat Islam sudah berpuasa.

Sebelumnya, penentuan 1 Ramadan 1440 Hijriah didahului paparan Tim Rukyatulhilal Kemenag yang memantau hilal di 34 provinsi. Pemantauan hilal sendiri dilakukan oleh Tim Falakiyah Sidang Isbat Kemenag di 102 titik di Indonesia.

Baca juga: Menag Minta Ormas Tak Lakukan Sweeping Selama Ramadan

Sidang isbat itu juga menghadirkan 63 orang dari luar Kemenag. Di antaranya Komisi VIII DPR RI, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Informasi Geospasial (BIG), Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.(tan/jpnn)


Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin besok (6/5) setelah melaksanakan rukyatulhilal di 102 titik.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News