Gemar Minuman Beralkohol Rentan Kena Osteoporosis?

Gemar Minuman Beralkohol Rentan Kena Osteoporosis?
Minum Alkohol. ILUSTRASI. Foto: Laman Lifescript

jpnn.com - Alkohol adalah minuman dengan efek memabukkan yang telah diketahui secara luas akan dampak negatifnya pada kesehatan tubuh. Hati adalah organ yang paling terdampak pada peminum alkohol, apalagi jika diminum secara berlebihan. Tak hanya itu, ternyata gemar minum minuman beralkohol juga bisa membuat Anda terkena osteroporosis.

Bersumber dari laman WebMD, ada penelitian yang menunjukkan bahwa peminum alkohol berat – terutama selama masa remaja dan dewasa – dapat berisiko osteoporosis di kemudian hari.

Kalsium adalah nutrisi penting untuk tulang sehat, dan alkohol adalah musuhnya.

"Alkohol memiliki banyak efek pada kalsium. Kondisi tulang akan memburuk karena tidak cukup kalsium masuk ke tulang dan tubuh 'mencurinya' dari tulang," kata Primal Kaur, MD, spesialis osteoporosis di Temple University Health System di Philadelphia, Amerika Serikat (AS).

Bagaimana alkohol merusak tulang Anda?

Primal menjelaskan, ketika Anda meminum terlalu banyak minuman beralkohol, yakni 2-3 ons alkohol setiap harinya, perut tidak menyerap kalsium secara cukup. Itu karena alkohol mengganggu fungsi hati di dalam tubuh.

"Alkohol mengganggu pankreas serta menghambat penyerapan kalsium dan vitamin D. Alkohol juga memengaruhi hati. Fungsi hati sangat penting untuk mengaktifkan vitamin D, yang juga penting untuk penyerapan kalsium," jelas Primal.

Hormon yang penting bagi kesehatan tulang juga tidak berfungsi dengan baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alkohol menurunkan kadar estrogen dan dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Ketika kadar estrogen menurun, perubahan bentuk tulang melambat dan menyebabkan tulang keropos. Jika Anda seorang wanita yang sedang menghadapi fase jelang menopause, ini memperburuk hilangnya kekuatan tulang.

Jika Anda terbiasa meminum alkohol, memang sulit untuk berkata tidak ketika Anda ditawari atau sedang berada di tengah teman-teman yang juga peminum alkohol.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News