Gempa 5,0 SR Guncang Ulu Ogan, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Gempa 5,0 SR Guncang Ulu Ogan, Warga Berhamburan ke Luar Rumah
Grafik gempa. Foto: JPG

jpnn.com, BATURAJA - Gempa berkekuatan 5.0 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Minggu pagi (20/8).

Guncangan itu pun membuat warga Desa Mendingin, Ulu Ogan, perbatasan dengan wilayah Gunung Megang, Muara Enim, berhamburan ke luar rumah.

Menurut informasi BMKG yang beredar luas, pusat gempa pada kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Tipenya gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

Meski begitu, cukup dirasakan masyarakat Kecamatan Ulu Ogan. Mereka sampai berhamburan menyelamatkan diri keluar rumah.

“Saya masih tidur saat getaran pertama terasa. Tiba-tiba getaran sangat kuat, kami sekeluarga lari keluar,” kata Dadang, warga Desa Kelumpang. Awalnya, dia mengira rumahnya ditabrak kendaraan.

“Ternyata, waktu di luar, banyak tetangga yang juga keluar rumah mereka. Rupanya terjadi gempa,” imbuhnya. Getaran yang kuat ia rasakan dua kali, disusul tiga kali gempa kecil. Akibat gempa tersebut, dinding rumahnya memgalami retak di bagian dapur dan beberapa bagian lain.

“Tadi saya keliling dan ke rumah mertua di Desa Gunung Tiga. Di sana, ada atap genteng rumah warga yang rontok,” bebernya, Camat Ulu Ogan, Amrin mengakui adanya gempa tersebut. Bahkan dia sempat berlari keluar rumah.

“Saat gempa itu, sedang ada acara ulang tahun pengajian anak-anak di Desa Mendingin. Jadi mereka semua ketakutan dan keluar tenda,” ujarnya. Meski terasa cukup kuat, tapi belum ada laporan rumah rusak atau korban dari gempa tersebut.

Gempa berkekuatan 5.0 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Minggu pagi (20/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News