Gempa Bumi 4.3 SR Guncang Nias Utara

Gempa Bumi 4.3 SR Guncang Nias Utara
Gempa bumi. Foto: JPG

jpnn.com, NIAS UTARA - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,3 Skala Ricther (SR) mengguncang Nias Utara, Sumatera Utara, Jumat (7/6).

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dilansir akun resmi Pusdalops Medan, gempa terjadi pukul 09.59 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan dalam siaran tertulisnya menjelaskan dari hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M= 4,3 terletak pada koordinat 1.34 LU dan 97.13 BT berlokasi Di laut, 7 km Barat Laut Lahewa, Nias Utara pada kedalaman 23 km.

Baca: Soal Rumor Ditawari Kursi Menteri, Demokrat dan PAN Beri Respons Begini

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera,” jelasnya.

Konvergensi kedua lempeng tersebut, lanjutnya membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

Baca: Daftar Skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Merlion Cup 2019

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Nias Utara (Sumut) II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,3 Skala Ricther (SR) mengguncang Nias Utara, Sumatera Utara, Jumat (7/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News