Gencarkan Transaksi Online, BTN Rangkul UMKM

Gencarkan Transaksi Online, BTN Rangkul UMKM
Dirut BTN Maryono (kemeja putih kanan) bersama Menteri BUMN Rini Soemarno di Borobudur, Jawa Tengah. Foto IST

jpnn.com, MAGELANG - PT Bank Tabungan Negara (BTN) merilis aplikasi pembayaran Quick Respons Payment untuk merchant maupun nasabah agar memudahkan transaksi

Ekonomi digital yang makin berkembang diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kontribusi semua sektor perekonomian diperlukan termasuk dari Unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Untuk memberdayakan UMKM di era ekonomi digital, BTN merangkul para pelaku UMKM yang dibina Balai Ekonomi Desa (Balkondes) untuk Go Digital.

Adapun, pelaku UMKM yang dibidik BTN lewat Balkondes di Karanganyar adalah para pengrajin gerabah yang memang menjadi ciri khas desa tersebut.

“Balkondes BTN di Karanganyar menjadi ruang bagi para pengrajin untuk tidak sekadar unjuk gigi, tapi juga mendapat edukasi untuk berkembang di era ekonomi digital saat ini,” kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono di sela-sela acara kunjungan Menteri BUMN, Rini Soemarno di Balkondes BTN, Borobudur, Jawa Tengah, Minggu (20/8) kemarin.

Setidaknya ada 80 pengrajin gerabah yang dibina di Balkondes BTN. Para pengrajin diberi pelatihan untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pemasaran produk mereka ke seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.

Pelatihan tersebut meliputi pembukaan akun e-dagang atau e-commerce, menciptakan nilai tambah pada produknya mengisi gerai online dengan foto produk yang layak jual, kemasan menarik, dan sebagainya di situs penjualan online atau e-commerce.

“Pelatihan ini diharapkan bisa mendorong pengrajin lebih aktif berjualan via online, sebab saat ini kontribusi transaksi e-commerce UMKM masih sangat rendah,” kata Maryono.

BTN juga melengkapi Balkondes Karanganyar dengan etalase online di situs belanja online. Dengan bergabung dalam situs tersebut, UMKM yang dipayungi di Balkondes BTN bisa melakukan beragam transaksi digital.

Pada kesempatan tersebut, BTN merilis aplikasi pembayaran Quick Respons Payment untuk merchant maupun nasabah untuk memudahkan transaksi.

PT Bank Tabungan Negara (BTN) merilis aplikasi pembayaran Quick Respons Payment untuk merchant maupun nasabah agar memudahkan transaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News