Generasi Baru Indonesia Coast Guard Siap Mengembang Tugas Operasi Laut

Generasi Baru Indonesia Coast Guard Siap Mengembang Tugas Operasi Laut
Personel baru Indonesia Coast Guard berlatih kemampuan pemeriksaan dan penggeledahan kapal di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2019). Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Untuk menghadapi tantangan tugas operasi laut yang kian kompleks, sebanyak 14 personel baru Indonesia Coast Guard berlatih kemampuan pemeriksaan dan penggeledahan kapal di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2019).

Selanjutnya, mereka akan bergabung menjadi Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla dan kemudian dilakukan pematangan kemampuan Visit Board Search and Seizure (VBSS) yang disampaikan oleh Kabag Logistik Sapras Kolonel Bakamla Andi Kriswanto.

BACA JUGA: Latsarmil PNS Bakamla Berakhir dengan Sumpah Setia Sebagai Penjaga Lautan Nusantara

Menurut Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono, generasi baru Coast Guard akan mengawaki kapal Catamaran dan kendaraan air cepat Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) yang berada di perairan Jakarta.

Sebagai generasi baru Indonesia Coast Guard, menurut Mardiono, bimbingan dan pembinaan latihan berbagai macam metode latihan terus dilakukan, khususnya penganggulangan tindak kejahatan di laut, pencarian dan pertolongan korban bencana Search and Rescue (SAR) serta pengetahuan keselamatan lingkungan perairan.

Melalui latihan yang berkesinambungan diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan personel ICG, yang memiliki militansi tinggi dalam menghadapi dinamika tantangan tugas operasi laut yang semakin berat dan kompleks.

Pada akhir pembekalan Kolonel Bakamla Andi Kriswanto menyampaikan materi pokok teknik boarding dari unsur patroli Bakamla ke kapal agar tetap terjaga dari aspek keamanan dan keselamatan personel pemeriksa.(fri/jpnn)


Guna menghadapi tantangan tugas operasi laut yang kian kompleks, sebanyak 14 personel baru Indonesia Coast Guard berlatih kemampuan pemeriksaan dan penggeledahan kapal di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2019).


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News