Gila! Bangun Motor Pakai Mesin Mobil Kijang

Gila! Bangun Motor Pakai Mesin Mobil Kijang
Motor custom bermesin mobil Kijang 1.300 cc. Foto: Dedi Sofyan/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Motor dibekali mesin mobil tak hanya ada di luar negeri saja. Namun, di Indonesia motor menggendong mesin mobil berkapasitas 1.300 cc juga ada. Julian Hidayat pemilik sekaligus builder motor bermesin mobil itu.

Sebelum memodifikasi motor, Julian mengaku sering melihat video Youtube para builder luar negeri, sebagai inspirasi tentunya.

"Awalnya saya melihat video Youtube dragster luar negeri. Saya melihat motor bermesin besar. Sedangkan di Indonesia cari mesin berkapasitas besar sangat sulit khususnya golongan menengah ke bawah. Tapi, bagaimana caranya saya harus punya motor dengan mesin besar namun budget minim. Jadi, saya pilih mesin mobil Toyota Kijang untuk motor saya," buka Yulian mengawali cerita kepada JPNN.com di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (7/10).

Kenapa Yulian pilih mobil Kijang? Karena menurutnya, Kijang memiliki generasi yang banyak di Indonesia dan suku cadangnya pun sangat mudah untuk dicari di mana-mana.

Gila! Bangun Motor Pakai Mesin Mobil Kijang
Mesin mobil Kijang 1.300 cc yang ditanam di motor custom.

"Kalau ada masalah pada mesin ini, saya mudah mencari suku cadangnya. Soalnya di setiap bengkel mobil juga ada yang jual suku cadangnya," ujar pria yang akrab disapa Bonyok itu.

Untuk proses produksinya, Bonyok mengaku harus bisa mengikuti kontruksi mesin yang sudah ada. Jadi, tambah Yulian, harus mengikuti dudukan kontruksi mesin agar mesin bisa menempel pada sasis.

"Saya pakai frame pipa SCH 3 mm. Frame tersebut memang sangat tebal mengingat mesin yang saya pakai memiliki berat hampir 100 kg. kemudian saya bekerja sama dengan bengkel bubut untuk membuat dudukan buat mesin," sambungnya.

Apa yang Anda pikirkan ketika seseorang membangun sebuah motor dengan mesin mobil berkapasitas 1.300 cc? Kita tanya ke Julian Hidayat sang modifikator.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News