Golkar Mendukung Penuh Pembangunan Sektor Maritim di Maluku

Golkar Mendukung Penuh Pembangunan Sektor Maritim di Maluku
Kunjungan Ketua Umum Golkar Setya Novanto ke Maluku. Foto: ist for JPNN

jpnn.com - MALUKU - Ketua Umum Golkar Setya Novanto menegaskan komitmen partainya dalam mendukung kemajuan sektor maritim. Salah satunya di wilayah Maluku yang merupkan lumbung ikan nasional.

"Partai Golkar berkomitmen mendukung pemerintah Provinsi Maluku untuk dapat memanfaatkan potensi maritim, terutama perikanan," kata Setya Novanto melalui keterangan persnya, Rabu (19/10).

Novanto bersama istri dan sejumlah petinggi Partai Golkar seperti Roem Kono, Robert Kardinal dan Ketua Korbid Pemenangan Pemilu Indonesia II Ahmad Hidayat Mus, hari ini berkunjung ke Maluku. Kedatangan rombongan DPP ini disambut Gubernur Maluku Said Assegaf yang tak lain adalah ketua DPD Golkar setempat.

Dalam kunjungan tersebut, Novanto menyempatkan mendengar keluhan dari masyarakat terkait dengan moratorium kapal ikan dan banyaknya kapal ikan yang menganggur. 

Akibat kebijakan tersebut, produksi ikan di Maluku menjadi berkurang. Padahal potensi ikan di Maluku ini mencapai 1,5 juta Ton per-tahun. Namun, sekarang ini potensi ini hanya bisa digali  500 ribu ton per tahun. 

Sebelumnya, produksi ikan di Provinsi Maluku terutama di Tual sangat besar. Maluku dikenal sebagai eksportir ikan hingga ke manca negara terutama Amerika Serikat. Namun akibat dari kebijakan moratorium itu, terjadi juga penurunan ekspor ikan ke luar negeri. 

Mendapatkan keluhan tersebut, Novanto berjanji akan segera menindaklanjutinya dengan menyampaikan kepada pihak-pihak terkait, terutama Menteri Koordinator Kemaritiman RI Luhut Pandjaitan. 

Pada kesempatan yang sama, Novanto juga menyampaikan kebijakan Partai Golkar mendukung pencalonan Jokowi untuk periode kedua, 2019-2024. Menurut Novanto, masyarakat Maluku mendukung kebijakan tersebut. 

MALUKU - Ketua Umum Golkar Setya Novanto menegaskan komitmen partainya dalam mendukung kemajuan sektor maritim. Salah satunya di wilayah Maluku yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News