Google Mencabut Lisensi Android di Hp Huawei, Ketahui Dampaknya?

Google Mencabut Lisensi Android di Hp Huawei, Ketahui Dampaknya?
Huawei P20 Pro dengan keandalan kamera Leica yang siap mendarat ke pasar Indonesia (Foto: ridho/jpnn)

jpnn.com - Google baru saja menyatakan akan mencabut lisensi Android dari Huawei, lantas apa dampaknya bagi pengguna handphone (Hp) lansiran Huawei?

Melalui keputusan Google memutus lisensi Andriod dari Huawei, maka otomatis perangkat dari vendor asal Tiongkok ini akan kehilangan akses ke pembaruan Android.

BACA JUGA: Alamak! Intel, Qualcomm dan Broadcom Ikuti Google Menghukum Huawei

Selain itu, pengguna Hp Huawei juga kehilangan akses ke Google Play Store dan pembaruan sistem sejumlah aplikasi seperti Gmail dan Youtube.

Dampak besar dari keputusan Google tersebut tentu sangat memngaruhi pemilik Hp Huawei di luar pasar Cina. Sementaar di Cina, mereka sudah punya ekosistem mandiri atau tidak terlalu berpengaruh.

Pengguna ponsel Huawei sendiri hanya dapat menggunakan Android versi publik (open source) atau Android Open Source project (AOSP).

Kendati demikian, Google tetap saja tidak akan memberikan bantuan dan layanan dalam bentuk apapun terhadap Huawei.

Huawei memang tengah berada di bawah tekanan yang meningkat dari Pemerintah AS. Di mana, dalam beberapa tahun terakhir mereka terkena isu bahwa peralatannya dapat digunakan oleh pemerintah Cina untuk memata-matai jaringan Amerika.

Google baru saja menyatakan akan mencabut lisensi Android dari Huawei, lantas apa dampaknya bagi pengguna handphone (Hp) lansiran Huawei?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News