Gowes Pesona Nusantara di Halmahera akan Kelilingi Kota Labuha

Gowes Pesona Nusantara di Halmahera akan Kelilingi Kota Labuha
Pengambilan tanah dari Halmahera Selatan dilakukan di perbukitan Morero yang merupakan bekas tempat berdirinya Kasultanan Bacan. Prosesi pengambilan tanah ini dihadiri imam Masjid Sultan Bacan. Foto: ist for jpnn

jpnn.com, LABUHA - Gowes Pesona Nusantara 2017 di Halmahera Selatan akan diselenggarakan pada Minggu 23 Juli 2017.

Dengan mengambil rute di berbagai sudut jalanan Halmahera Selatan yang beribukota di Labuha, Gowes menempuh rute lebih dari 10 Km.

Rangkaian Gowes Pesona Nusantara di Halmahera Selatan sudah dimulai sejak Sabtu (22/7). Hal itu ditandai dengan pengambilan tanah setempat, untuk nantinya disatukan dengan semua tanah dari 90 kota/kabupaten se-Indonesia.

Pengambilan tanah dari Halmahera Selatan dilakukan di perbukitan Morero yang merupakan bekas tempat berdirinya Kasultanan Bacan. Prosesi pengambilan tanah dari Pulau Bacan ini dihadiri imam Masjid Sultan Bacan Haji Abdullah Abu Sama.

Hadir pula Kadisparpora Kabupaten Halmahera Selatan Nur Kamarullah. Dari Kemenpora diwakili Kepala PP-Itkon Edi Nurinda Susila, Sesdep Perencanaan dan SDM Deputi 3 Rita Suprianto, beserta jajaran Kemenpora lainnya.

Prosesi pengambilan tanah berlangsung jelang maghrib atau sekitar pukul 18.45 WIT. Dengan diawali doa yang dipimpin imam Masjid Sultan Bacan, pengambilan tanah lalu dilakukan Kadisparpora Kabupaten Halmahera Selatan.

"Tanah ini diambil dari tempat asli Kasultanan Bacan. Jadi ini adalah tanah asli dari Pulau Bacan yang ada di Halmahera Selatan. Tanah ini menjadi simbol masyarakat Halmahera Selatan untuk satu kesatuan dalam wadah NKRI," kata Nur Kamarullah.

Sementara Kepala PP-Itkon Kemenpora Edi Nurinda mengatakan Gowes Pesona Nusantara 2017 di Halmahera Selatan, menjadi salah satu yang istimewa.

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Halmahera Selatan akan diselenggarakan pada Minggu 23 Juli 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News