Gubernur Nilai Kadis ESDM Tak Bertanggung Jawab

Gubernur Nilai Kadis ESDM Tak Bertanggung Jawab
Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Posisi Kepala Dinas (Kadis) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku Utara (Malut) Saifudin Mayau, sudah tidak aman lagi. Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba telah memberikan isyarat untuk mencopot Saifudin dari jabatannya.

Kadis ESDM terpaksa harus diganti karena dianggap tidak bertanggung jawab. Betapa tidak, ia tidak menggubris undangan anggota DPRD Provinsi (Deprov) dalam agenda pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda). Padahal, Ranperda tersebut berhubungan dengan kinerja instansi yang dipimpin Saifudin.

“Saya akan evaluasi yang bersangkutan,” jelas gubernur pada Malut Post (Jawa Pos Group).

Sebenarnya, selain Kadis ESDM, Kadis Kehutanan Syukur Lila juga tidak memenuhi undangan Deprov terkait pembahasan ranperda. Tapi, Syukur bisa aman lantaran berjanji kepada Wakil Gubernur M Natsir Taib untuk hadiri setiap undangan dari Deprov.

M Natsir Taib dan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Muabdin H Radjab sempat marah besar atas sikap tidak layak ditiru yang dilakukan dua pimpinan SKPD itu. Lantaran Saifudin dan Syukur Lila tidak hadiri undangan pembahasan ranperda di Deprov, panitia khusus (Pansus) ranperda tersinggung dan menunda pembahasan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Tiga ranperda yang dibahas itu sudah harus digunakan April 2017 ini, karena berkaitan dengan aturan pertambangan. Ranperda itu ada hubungannya dengan pendapatan asli daerah (PAD).

Jika Deprov tidak lagi membahas ranperda itu, maka bukan tidak mungkin kalau target PAD Pemprov Malut tidak tercapai.

Karo Humas Pemprov, Halid Alkatiri mengatakan, gubernur sudah mendapat laporan ditundanya pembahasan ranperda karena sikap tidak taat yang ditunjukan Saifudin dan Syukur Lila. “Evaluasi yang dilakukan ini bisa saja sampai tingkat pergantian. Semuanya tergantung gubernur karena jabatan Saifudin adalah pejabat eselon II,”jelasnya.

Posisi Kepala Dinas (Kadis) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku Utara (Malut) Saifudin Mayau, sudah tidak aman lagi. Gubernur Maluku Utara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News