Senin, 29 Mei 2017 – 07:10 WIB

Gubrak! Pilar Jembatan Ampera Retak Ditabrak Tongkang Bermuatan Batubara

Kamis, 18 Mei 2017 – 12:46 WIB
Gubrak! Pilar Jembatan Ampera Retak Ditabrak Tongkang Bermuatan Batubara - JPNN.COM

Jembatan Ampera. Foto: dokumen JPNN

SHARES

jpnn.com, PALEMBANG - Sebuah tongkang ARK04 yang mengangkut 7.700 metrik ton (MT) batubara tiba-tiba menabrak fender dan pilar tengah Jembatan Ampera, Palembang, Sumsel, kemarin (17/5), pukul 10.00 WIB.

Diduga, selain karena arus sungai sedang sangat deras, tali penarik antara tongkang itu dengan tugboat (TB) Tanjung Buyut 2-212 dan TG Golden Tulip 1 yang memandunya putus.

Benturan tersebut tak hanya menimbulkan suara keras, tapi juga membuat Ampera bergetar. Ujung tongkang bahkan membuat pilar pinggir di arah 16 Ilir mengupas dan retak.

Informasi yang dihimpun, tongkang ARK 04 berukuran 300 feet milik perusahaan angkutan PT EPI Lematang itu mengangkut 7.700 MT batu bara milik PT Bukit Asam (PTBA).

Tongkang itu membawa batubara dari arah Musi II menuju Perawang, Riau. Ketika sampak di perairan 22 Ilir, belakang Bekang II Sriwijaya. Mesin TB Tanjung Buyut 2-212 tidak berfungsi baik Bahkan, salah satu tali penarik diduga putus.

Akibatnya, tongkang ARK 04 kehilangan kendali. Sementara, TG Golden Tulip 1 tidak mampu membantu tongkang stabil. Arus Sungai Musi yang deras, membuat tongkang ARK 04 makin tidak terkendali dan terus dibawa arus. Ketika mendekati jembatan, tongkang berubah posisi menjadi melintang.

Tak hanya itu, arus yang ditimbulkan oleh tongkang ARK 04, membuat sejumlah speedboat yang berjejer rapi tak jauh dari lokasi menjadi terombang-ambing. Bahkan ada satu speedboat, milik Yani, yang terbalik dan tenggelam.

Menurut seorang serang speedboat, Salim (42) warga Kertapati, suara yang ditimbulkan akibat benturan tersebut terdengar sangat keras.

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini