Gunung Agung Alami Erupsi Lagi, Lava Pijar Meluncur ke Timur

Gunung Agung Alami Erupsi Lagi, Lava Pijar Meluncur ke Timur
Gunung Agung di Karangasem, Bali. Foto: Dok. Indopos/Jawapos Grup

jpnn.com, KARANGASEM - Gunung Agung di Karangasem, Bali kembali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanis. Pada Sabtu (19/1) dini hari sekitar pukul 02.45, vulkan tertinggi di Bali itu mengalami erupsi disertai lontaran lava.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Agung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Rendang I Nengah Wardana mengungkapkan, lava pijar bergerak hingga 1 kilometer dari kawah. Menurutnya, lava mengarah ke timur atau wilayah Kecamatan Abang.

“Erupsi terjadi dengan durasi dua menit delapan detik,” ujarnya.

Hanya saja, Nengah mengaku tak melihat kolom abu akibat erupsi. Sebab, puncak Gunung Agung diselimuti kabut saat erupsi terjadi.

Sejauh ini, PVMBG masih tetap menempatkan status Gunung Agung pada level III. Karena itu Nengah mengingatkan warga agar berada di luar radius 4 kilometer dari kawah.

“Masih level III, sehingga untuk warga kami berharap untuk tetap waspada dan tidak mendekati atau melakukan aktivitas seperti pendakian dan lain-lain di sekitar radius empat kilometer,” pintanya.(rb/tra/pra/mus/JPR)


Gunung Agung di Karangasem, Bali kembali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanis. Gunung tertinggi di Bali itu mengalami erupsi pada Sabtu dini hari.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News