Gunung Merapi Terus Alami Guguran, Status Waspada

Gunung Merapi Terus Alami Guguran, Status Waspada
Gunung Merapi berstatus waspada. Foto: Ridho Hidayat/JawaPos.com

jpnn.com, SLEMAN - Gunung Merapi terus menunjukkan aktivitasnya pada Minggu (28/4). Teramati setidaknya terjadi 2 kali luncuran lava pijar dan 2 kali guguran lava.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta Hanik Humaida menyebut, sejak pukul 00.00-06.00 WIB teramati terjadi guguran lava pijar 2 kali. Jarak luncurnya sekitar 750 meter mengarah ke hulu kali Gendol, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ).

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal. Tingginya kisaran 50 meter di atas puncak kawah.

“Belum ada perubahan, status masih waspada atau level II,” katanya, Minggu (28/4).

BACA JUGA: Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lava Pijar

Pihaknya hanya mengimbau agar dalam radius 3 kilometer dari puncak Merapi tidak ada aktivitas manusia. Selain itu bagi mereka yang berkegiatan di sekitar Kali Gendol untuk mewaspadai banjir lahar ketika terjadi hujan di puncak.

Sementara dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogjakarta, meski saat ini masa pancaroba namun hujan masih berpotensi terjadi. Dengan intensitas sedang hingga lebat terutama selama 1 pekan ke depan karena adanya dampak badai tropis Lorna di Samudera Hindia barat daya Pulau Jawa.

BACA JUGA: Awan Melintang di Atas Gunung Merapi, Harap Tenang

BPPTKG mengimbau agar dalam radius 3 kilometer dari puncak Merapi tidak ada aktivitas manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News