Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Rusak Tanaman Warga Barusjahe

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Rusak Tanaman Warga Barusjahe
Gunung Sinabung kembali erupsi dahsyat selama 45 menit, Selasa (7/5) pagi. Erupsi ini membuat warga panik, karena hampir setahun Gunung Sinabung ini tidak erupsi lagi. Foto: Solideo/sumut pos

jpnn.com, KARO - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung kembali tenang sehari setelah erupsi pada Rabu (8/5). Gunung api yang masih berstatus awas level IV itu tak ada mengalami erupsi.

“Hari ini Sinabung belum ada mengalami erupsi,” kata Dery, petugas PGA Desa Dokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Meski sudah tenang, namun Dery menegaskan, aktivitas vulkanik Sinabung masih sangat tinggi. Karena itu, pihaknya tak bisa memastikan sampai kapan gunung tersebut akan tetap tenang.

“Statusnya masih Awas Level IV. Jadi gunung ini bisa saja sewaktu-waktu erupsi lagi. Memang sangat sulit kita memprediksinya,” akunya.

BACA JUGA: Saiful Bahri Ditemukan Tewas dengan Pohon Besar di Atas Tubuhnya

Hasil pemantauan pihaknya, hingga hari ini belum ada tanda-tanda akan terjadinya banjir lahar dingin yang sebelumnya dikhawatirkan bakal terjadi di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung. “Banjir lahar akan terjadi kalau hujan deras. Sekarang ‘kan masih musim kemarau,” katanya.

Meski begitu, Dery tetap mengimbau warga yang bermukim di dekat hulu sungai yang berhulu ke Sinabung untuk tetap waspada. Karena jika hujan deras, potensi terjadinya banjir lahar ini masih sangat besar.

Pantauan di lapangan, warga Tanah Karo sudah beraktivitas seperti biasa. Namun ketebalan abu tetap terjadi karena hujan tak kunjung turun.

Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung kembali tenang sehari setelah erupsi pada Rabu (8/5). Gunung api yang masih berstatus awas level IV itu tak ada mengalami erupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News