Guru Spiritual Cabul Dihukum Seumur Hidup

Guru Spiritual Cabul Dihukum Seumur Hidup
Asumal Harpalani alias Asaram Bapu pelaku pencabulan terhadap gadis 16 tahun divonis hukuman penjara seumur hidup. Foto: Indiaexpress

jpnn.com, NEW DELHI - Asumal Harpalani alias Asaram Bapu harus menjalani sisa hidupnya di dalam penjara. Guru spiritual itu dijatuhi hukuman seumur hidup, Rabu (25/4).

Dia dinyatakan bersalah karena melakukan pelecehan seksual terhadap gadis 16 tahun pada 2013. Sejak saat itu pria 77 tahun tersebut ditangkap dan mendekam di Jodhpur, Rajasthan, India.

’’Putusan itu melegakan. Artinya, meski Anda orang suci, jika Anda melakukan kejahatan, hukum akan menjerat Anda,’’ ujar Kiran Jha Thakur, pendiri Kalpana. Itulah lembaga non pemerintah yang membantu para korban pelecehan.

PM India Narendra Modi baru saja mengeluarkan keputusan bahwa pelaku pemerkosaan anak dihukum seumur hidup. Jika si anak berusia kurang dari 12 tahun, pelaku diganjar hukuman mati. Dua orang bawahan Bapu dihukum masing-masing 20 tahun penjara.

Dilansir Reuters, saat ini polisi bersiaga di Rajasthan, Gujarat, Uttar Pradesh, dan Haryana. Bapu memiliki pengikut yang mencapai ribuan orang.

Dikhawatirkan, mereka berbuat onar setelah putusan terhadap guru mereka dijatuhkan. (sha/c14/dos)


Asumal Harpalani alias Asaram Bapu harus menjalani sisa hidupnya di dalam penjara. Guru spiritual cabul itu dijatuhi hukuman seumur hidup


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News