Gus Ipul Kuat, Bu Risma Juga

Gus Ipul Kuat, Bu Risma Juga
Bupati Ngawi Budi Sulistyono (mengenakan peci, kanan) dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi (kiri). Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi mengaku belum mengetahui siapa nama yang akan diusung partainya sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur pada Pilgub Jatim 2018.

Semua nama yang disebut-sebut, masih memiliki peluang yang sama. Baik itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

"Bisa saja seperti itu. Peluang Gus Ipul cukup kuat. Tapi peluang Bu Risma juga kuat," ujar Kusnadi saat ditemui usai bertemu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10).

Menurut ‎Kusandi, pertemuannya dengan Mega yang berlangsung sekitar dua jam, hanya membincangkan hal-hal terkait peta politik di Jawa Timur saat ini. Sementara terkait keputusan, diserahkan sepenuhnya pada Mega sebagai ketua umum.

"Kami memang diminta menjelaskan kondisi partai di Jatim. Jadi kami menjelaskan petanya seperti apa," katanya.

Saat ditanya lebih jauh peluang Gus Ipul akan didukung PDI Perjuangan, Kusnadi hanya menyatakan bahwa saat ini komunikasi partainya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) intens dilakukan. Termasuk juga dengan partai-partai lain. Karena partai berlambang banteng moncong putih ini sadar, tidak mungkin mengusung calon sendiri. Perlu koalisi dengan partai lain.

"PDI Perjuangan kan enggak bisa mengusung sendiri, kurang satu kursi. Makanya kami terus berkomunikasi dengan partai-partai, termasuk dengan PKB. Kami percaya Bu Mega akan memberi keputusan terbaik dengan berbagai macam pertimbangan," tutur Kusnadi.

Saat ini PDIP memiliki 19 kursi di DPRD Jatim. Sementara untuk bisa mengusung pasangan calon gubernur, butuh 20 kursi.

Antara Gus Ipul dan Bu Risma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News