Gus Yaqut: HTI Memanipulasi Kesadaran Publik

Gus Yaqut: HTI Memanipulasi Kesadaran Publik
Massa HTI. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menduga organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sedang berupaya memanipulasi pikiran masyarakat.

Dugaan muncul setelah pimpinan HTI menyangkal bahwa bendera yang dibakar kader Banser pada peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Limbangan, Garut, Jawa Barat, Senin (22/10) kemarin, merupakan bendera HTI.

"Kalau mereka melakukan penyangkalan-penyangkalan, artinya mereka sedang berusaha memanipulasi kesadaran publik. Kalau itu yang terjadi, maka harus sama-sama dilawan," ujar Gus Yaqut di kantor PP GP Ansor, Jakarta, Rabu (24/10).

Gus Yaqut kemudian menyebut beberapa alasan Ansor menyebut bendera yang dibakar merupakan milik organisasi terlarang HTI. Pertama, bendera yang dibakar sama persis dengan bendera yang selalu dikibarkan HTI.

"Jejak digital itu enggak bisa bohong. Di banyak kegiatan HTI, misalnya di Gelora Bung Karno pada 2013 lalu, mereka mengibarkan bendera yang sekarang dikenal sebagai bendera HTI," ucapnya.

Alasan lain, Gus Yaqut juga menyebut petinggi HTI mengakui bendera berwarna hitam dengan lafadz kalimat tauhid, merupakan bendera mereka. Hal tersebut terungkap pada persidangan pembubaran HTI di pengadilan beberapa waktu lalu.

Kebetulan salah seorang pengacara pemerintah ketika itu, kata Gus Yaqut, merupakan kader Banser di LBH Ansor.

"Di situ disampaikan, apa yang dikenal sebagai bendera HTI, ditunjuk oleh mereka. Jadi, mereka mengakui. Kalau sekarang mereka membantah, ada kesan sengaja memanipulasi umat Islam untuk kepentingan tertentu," katanya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menduga HTI sedang berupaya memanipulasi pikiran masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News