Habib Aboe Sebut Empat Unsur yang Berperan di TPS

Habib Aboe Sebut Empat Unsur yang Berperan di TPS
Aboe Bakar Al Habsy. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Al Habsy mengatakan ada empat unsur yang akan berperan di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019, Rabu (17/4) besok.

Pertama, unsur penyelenggara pemilu, yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang secara tidak langsung adalah kepanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

BACA JUGA: Jokowi - Ma'ruf Amin dan Prabowo - Sandi Nyoblos di TPS Mana?

Kedua, unsur pengawas pemilu ada pengawas TPS atau PTPS yang merupakan kepanjangan tangan dari Bawaslu. Ketiga adalah pemantau pemilu yang berasal dari LSM dalam maupun luar negeri. Keempat, unsur pengamanan, baik dari linmas, TNI dan Polri.

Nah, Aboe mengatakan seharusnya masing-masing bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

"Jangan sampai ada yang offside dalam menjalankan tugas, sehingga pemilu akan dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata Aboe, Selasa (16/4).

Khusus untuk Polri sebagai mitra kerja Komisi III DPR, Aboe meminta agar menjalankan tugas dengan baik. "Jaga keamanan untuk mengayomi masyarakat," tegasnya.

Dia juga meminta secara khusus kepada TNI dan Polri agar mengedepankan netralitas dalam menjalankan tugasnya. Jangan sampai masyarakat melihat aparat yang tidak netral, atau terlihat kebijakan yang diambil menguntungkan salah satu capres, partai atau caleg tertentu.

Habib Aboe Bakar Al Habsy mengatakan ada empat unsur yang akan berperan di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019, Rabu (17/4) besok. Salah satunya adalah KPPS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News