Jumat, 26 Mei 2017 – 14:22 WIB

Habib Rizieq Mau ke Mahkamah Internasional? Paling Ditemui Satpam

Sabtu, 20 Mei 2017 – 20:02 WIB
Habib Rizieq Mau ke Mahkamah Internasional? Paling Ditemui Satpam - JPNN.COM

Ketua Setara Institute Hendardi. Foto: dok jpnn

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Setara Institute Hendardi menilai upaya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) M Rizieq Shihab dan penasihat hukumnya untuk mengadu ke Mahkamah Internasional akan mubazir. Sebab, kasus dugaan pornografi yang menyeret Rizieq tidak memiliki dampak signifikan secara internasional.

"Selain itu jangan lupa, PBB menegaskan bahwa mekanisme internasional adalah the last resort atau upaya terakhir," ujar Hendardi di Jakarta, Sabtu (20/5).

Artinya, ‎kata Hendardi, setiap kasus yang diduga berkaitan dengan pelanggaran kebebasan harus diselesaikan melalui proses hukum nasional yang kredibel terlebih dahulu.  Sementara untuk Rizieq, sambung Hendardi, prosesnya belum apa-apa.

Sejauh ini, kasus yang menyeret ulama yang kondang dengan panggilan Habib Rizieq itu sama sekali belum masuk ke tingkat pengadilan. Bahkan saat diminta menjadi saksi saja, Rizieq juga tidak datang dengan alasan yang kurang logis.

Karena itu, Hendardi menilai upaya para Habib Rizeq bertolak ke Genewa atau Den Haag adalah upaya sia-sia karena tanpa pengetahuan tentang mekanisme internasional yang memadai. 

"Andai mereka sampai di PBB atau mahkamah internasional bisa saja diterima sampai tingkat security (satpam) atau reception (penerima tamu, red), tercatat sebagai tamu kunjungan biasa atau turis," pungkas Hendardi.(gir/jpnn)

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini