Habis Makan Soto, Puluhan Siswa di Sumbar Keracunan

Habis Makan Soto, Puluhan Siswa di Sumbar Keracunan
Para siswa terkapar usai mengonsumsi soto ayam, Selasa (11/7). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, PADANG - Sekolah SMA Negeri 1 Sumbar mendadak heboh, Selasa (11/7) kemarin.

Sekitar 20 siswa di sana tiba-tiba sakit perut hingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangpanjang.

Tidak hanya mual dan muntah, para siswa tersebut juga menderita diare.

“Paginya sekira pukul 06.00, kami makan bersama, menunya soto ayam. Namun tiba-tiba saat belajar, kami mulai merasa mual dan muntah sampai belasan kali,” tutur salah seorang siswi kelas XII, Veni, Veni saat terbaring lemah di IGD RSUD, kemarin.

Veni menyebut, perutnya terasa sangat lapar meski sudah sarapan. “Selain lapar, perutnya juga terasa mual dan disusul desakan buang air besar berulang-ulang serta muntah,” ungkapnya.

Dokter jaga IGD RSUD Padangpanjang, dr Iqbal mengatakan sebanyak 14 pasien dari SMA Negeri Sumbar yang telah dilakukan perawatan intensif diketahui mengalami gangguan pada pencernaan.

Dikatakannya, gangguan pencernaan tersebut dugaan sementara diakibatkan keracunan makanan. Namun dr Iqbal mengaku belum mengalami jenis racun yang ditimbulkan setelah mengonsumsi makanan tesebut.

“Pasien telah kita berikan pertolongan terlebih dulu agar tidak menimbulkan dampak lain yang lebih parah. Terkait jenis racun, nanti kita akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar dr Iqbal di sela-sela memberikan penanganan pada pasien.

Sekolah SMA Negeri 1 Sumbar mendadak heboh, Selasa (11/7) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News