Hal ini Bakal Dilakukan Kemenhub Agar Mudik Tahun Depan Lebih Baik Lagi

Hal ini Bakal Dilakukan Kemenhub Agar Mudik Tahun Depan Lebih Baik Lagi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah). Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan rencana-rencana yang akan dilakukan agar penyelenggaraan mudik tahun depan bisa berjalan lebih baik lagi ke depannya.

Karena itu, tahun depan, Kemenhub berupaya mengoptimalkan angkutan umum yang bertujuan mengurangi pengguna kendaraan pribadi, khususnya pengguna sepeda motor yang setiap tahunnya meningkat.

Budi mengungkapkan, akan melakukan upaya peningkatan kapasitas angkutan umum melalui berbagai cara.

Di sektor udara misalnya, Kemenhub akan mengoptimalkan bandara-bandara seperti Semarang dan Solo untuk mengurangi beban kapasitas di Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan Bandara Juanda Surabaya.

"Kami akan buat sub hub misalnya di Semarang, dan Solo. Jadi kalau masyarakat dari Semarang atau Solo mau ke Kualanamu Medan, ngga perlu (transit) ke Jakarta dulu. Sehingga ruang udara berkurang dan kapasitas longgar. Diharapkan kapasitas bisa meningkat 10 sampai 15 persen," jelasnya.

Selain itu, Kemenhub akan mengoptimalkan penggunaan pesawat berbadan lebar (wide body) ke sejumlah bandara tujuan favorit pemudik.

Di sektor laut, Budi juga akan dioptimalkan penggunaan kapal RoRo, yang pada tahun ini okupansinya sudah cukup baik yaitu sekitar 80 persen.

Budi juga akan mengkaji kemungkinan untuk melonggarkan aturan terkait kepemilikan kapal untuk meningkatkan kapasitas kapal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan rencana-rencana yang akan dilakukan agar penyelenggaraan mudik tahun depan bisa berjalan lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News