Hanafi Rais Tanggapi Ryamizard soal Tantangan Perang OPM

Hanafi Rais Tanggapi Ryamizard soal Tantangan Perang OPM
Hanafi Rais. Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menilai pernyataan keras Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu merespons tantangan perang dari Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) atau dikenal dengan sebutan Organisasi Papua Merdeka (OPM), hal yang wajar.

Dia pun meyakini bahwa sebagai tentara, Ryamizard tentu punya persiapan yang lebih matang untuk memberantas separatisme yang selama ini mengganggu kedaulatan negara. Apalagi bila OPM yang terlebih dahulu memulai perang tersebut.

"Kalau memang ternyata OPM sudah memulai kontak fisik pakai senjata, tentu harus dihadapi, dan itu tidak bisa kita membiarkan saja. Nanti bisa meluas," ucap Hanafi ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis (29/3).

Namun demikian, wakil ketua umum PAN ini berharap tantangan perang dari KKSB/OPM tidak hanya dimaknai sebagai perang fisik menggunakan alutsista, tapi juga perang informasi melawan propadanda yang selama ini dilakukan OPM di forum-forum internasional.

Bahkan pihaknya menilai sebagian besar yang dilakukan oleh OPM, itu propadanda yang berdasarkan hoaks. Sehingga akan lebih tepat bila itu disikapi dengan perang informasi untuk melakukan counter terhadap isu-isu yang dimunculkan oleh gerakan separatis tersebut.

"Saya lebih senang memaknai ajakan perang itu tidak hanya yang sifatnya militer, tapi juga perang informasi dan perang nonfisik yang lain, karena itu sesuai dengan era sekarang," pungkas dia.(fat/jpnn)


Hanafi Rais menanggapi pernyataan keras Menhan Ryamizard Ryacudu terkait tantangan perang KKSB alias OPM.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News