Hancurkan Lemak dengan Rebusan Kunyit, Catat Resepnya

Hancurkan Lemak dengan Rebusan Kunyit, Catat Resepnya
Kunyit. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Kunyit diyakini bisa membantu menurunkan berat badan. Ahli gizi merekomendasikan untuk memasukan kunyit ke dalam makanan, karena bisa mempercepat metabolisme untuk melenyapkan lemak.

Selain lewat makanan, kunyit bisa dijadikan minuman. Minum ramuan kunyit hangat di pagi hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan metabolisme di pagi hari dan membakar kalori dengan cepat.

"Kunyit memiliki efek termogenik karena meningkatkan metabolisme kita. Intinya, ketika Anda memiliki lebih banyak aktivitas metabolisme, panas diciptakan dan panas ini menciptakan aksi yang lebih cepat," jelas Dr. Lori Shemek, Ph.D, CNC, dilansir dari She Finds.

Kunyit dapat memerangi lemak yang tidak diinginkan. Yakni membantu sel-sel lemak untuk menghancurkan diri sendiri melalui proses apoptosis (kematian sel). Bahkan, kunyit juga memiliki kemampuan untuk merusak penanda peradangan.

Langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat minuman kunyit adalah rebus 4 gelas air, tambahkan 1 hingga 2 sendok kunyit bubuk atau yang sudah parut. Biarkan campuran hingga mendidih selama kurang lebih 10 menit.

Saring minuman ke dalam wadah dan biarkan dingin selama 5 menit. Banyak orang memasukkan bahan tambahan ke dalam minuman kunyit untuk meningkatkan rasa atau membantu penyerapannya.

Seperti madu, untuk mempermanis teh dan memberi campuran lebih banyak sifat anti-mikroba. Kemudian susu murni, krim, susu almond, santan, atau 1 sendok makan minyak kelapa untuk membantu penyerapan, karena curcumin yang terkandung dalam kunyit membutuhkan lemak sehat untuk larut dengan baik.

Selain itu, bisa juga ditambahkan lemon, jeruk nipis, atau jahe, untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa. (jpc/jpnn)


Ahli gizi merekomendasikan untuk memasukan kunyit ke dalam makanan, karena bisa mempercepat metabolisme untuk menghancurkan lemak dalam tubuh.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News