Hanya 10 Persen Lulusan SMK Lanjut Kuliah

Hanya 10 Persen Lulusan SMK Lanjut Kuliah
Lustrasi. Foto dok JPG/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tiga kesempatan, yakni berwirausaha, bekerja dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT).

Direktur SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemdikbud) Mustaghfirin Amin mengatakan, baru 10 persen lulusan SMK terserap PT, sementara 90 persen terserap dunia industri.

"Siswa SMK dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan industri. Yang terserap PT terbesar di bidang pertanian, peternakan dan kelautan,” ujar Mustaghfirin Amin kepada Indopos (Jawa Pos Grup).

Untuk mendorong siswa SMK terserap PT, menurut Mustaghfirin, pihaknya mempertajam mata pelajaran yang diujikan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dengan menambah jam belajar Matematika dan Bahasa Inggris.

"Kelas XI SMK jumlah belajarnya sudah sama dengan SMA, buku pedomannya pun sama,” jelasnya.

Mustaghfirin menambahkan, SMK juga mendorong prestasi dan uji kompetensi siswa. Hal ini disesuaikan dengan minat siswa yang akan melanjutkan ke PTN.

"Itu menjadi persyaratan masuk PTN,” ucapnya.

Menurut Mustaghfirin, jumlah SMK saat ini sebanyak 13.400 SMK dengan total siswa 4,6 juta orang. Dengan perbandingan SMK Negeri (SMKN) sebanyak 3.400 dan swasta 10 ribu SMK.

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tiga kesempatan, yakni berwirausaha, bekerja dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News