Hanya 38,5 Persen Konstituen Golkar Anggap Jokowi Mampu

Hanya 38,5 Persen Konstituen Golkar Anggap Jokowi Mampu
Presiden Jokowi menyalami warga. Foto: Ifransyah/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru yang mengangkat tajuk "Menakar Loyalitas dan Persepsi Grassroot Partai terhadap Jokowi".

Hasilnya, ditemukan ada ketidaksolidan persepsi dari konstituen partai-partai pendukung pemerintah terhadap kepemimpinan Jokowi.

"Kami mengidentifikasi persepsi konstituen partai-partai terhadap dua hal, yaitu terhadap kemampuan Presiden Jokowi dan terkait sudah benar atau tidaknya arah perjalanan bangsa di tangan Jokowi," ujar Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Jakarta, Rabu (18/10).

Menurut Rico, ketika ditanyakan apakah arah perjalanan bangsa sudah benar di tangan Jokowi, hanya responden yang merupakan konstituen PDI Perjuangan dan NasDem yang menjawab sudah benar di atas 65 persen.

"Sebanyak 75 persen grassroot PDIP menjawab arah bangsa di masa Jokowi sudah benar, di urutan kedua diduduki Nasdem sebanyak 66,3 persen," ucapnya.

Sementara responden dari konstituen parpol pendukung pemerintah lainnya, cukup rendah. Misalnya konstituen dari Partai Amanat Nasional (PAN), lanjut Rico, hanya 19,8 persen yang menganggap arah bangsa saat ini sudah benar.

Kemudian responden yang merupakan konsituen PKB hanya 32,7 persen menyatakan sudah benar. Golkar (37,3 persen), PPP (37,9 persen), Hanura (36,3 persen) dan Perindo sebesar 41,9 persen.

Kemudian ketika ditanyakan apakah Jokowi mampu menjalankan tugas sebagai Presiden dengan baik, terlihat ada ketidaksolidan di antara responden yang merupakan konstituen parpol pendukung pemerintah.

Sebanyak 75 persen grassroot PDIP menjawab arah bangsa di masa Jokowi sudah benar, di urutan kedua diduduki Nasdem sebanyak 66,3 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News