Hanya 45 Menit, Aktivitas Ini Bisa Atasi Arthritis Anda

Hanya 45 Menit, Aktivitas Ini Bisa Atasi Arthritis Anda
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - jpnn.com - Beberapa aktivitas fisik sangat diperlukan pada usia berapa pun. Menurut sebuah studi terbaru, orang tua yang menderita arthritis bisa mengatasinya dengan terlibat dalam kegiatan aktivitas fisik moderat selama 45 menit setiap minggu seperti jalan cepat.

Menurut US federal guidelines, melakukan aktivitas moderat 150 menit per minggu bisa membantu dalam mencegah kematian dini dan penyakit serius. Sayangnya, hanya satu dari 10 orang dewasa yang lebih tua dengan arthritis memenuhi pedoman ini.

Sebuah tim peneliti dari Northwestern University telah melakukan penelitian pada laki-laki dan perempuan dan menemukan bahwa melakukan kegiatan aktivitas fisik moderat 45 menit setiap minggu adalah angka ajaib untuk para orang tua ini.

Peneliti mengukur aktivitas fisik 1.600 orang dewasa yang mengalami nyeri, sakit atau kekakuan di pinggul mereka, lutut atau kaki.

"Kami menemukan kegiatan yang paling efektif untuk memelihara atau meningkatkan fungsi Anda adalah aktivitas moderat," kata Profesor di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Dorothy Dunlop, seperti dilansir laman India Times, Rabu (15/2)

Sekitar sepertiga dari peserta memiliki fungsi tubuh yang lebih baik setelah dua tahun. Tapi peserta yang mencapai minimal 45 menit aktivitas moderat per minggu adalah 80 persen lebih mungkin untuk meningkatkan fungsi tubuh mereka.

"Bagi orang-orang tua yang menderita arthritis, melakukan aktivitas fisik moderat 45 menit mungkin terasa lebih realistis," pungkas Dunlop.(fny/jpnn)


Beberapa aktivitas fisik sangat diperlukan pada usia berapa pun. Menurut sebuah studi terbaru, orang tua yang menderita arthritis bisa mengatasinya


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News