Harga Ekspor Sawit Turun

Harga Ekspor Sawit Turun
Harga Ekspor Sawit Turun
MEDAN- Hingga kini, harga ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil mengalami tren melemah atau tinggal di kisaran 975 dolar AS per metrik ton akibat pengaruh krisis ekonomi dan banyaknya pasokan  minyak nabatii lainnya.

"Sebelumnya harga di akhir April masih 1.180 dolar AS per MT (metrik ton) dan awal Juni 1.035 dolar AS. Harga CPO diperkirakan masih tetap berfluktuasi dengan tren melemah,"ujar Bendahara Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Laksamana Adiyaksa.

Dijelaskannya, dampak krisis ekonomi di AS dan Eropa mengganggu perdagangan CPO dengan melemahnya permintaan. Harga CPO semakin jatuh, karena dewasa ini harga minyak mentah sedikit melemah dan pasokan minyak nabati lainnya sedang banyak.

"Menurunnya harga ekspor membuat harga di pasar lokal juga turun atau tinggal Rp7.906 per kg dari sebelumnya yang masih Rp9.429 per kg,"katanya. Laksamana mengakui, penurunan harga ekspor CPO itu sudah diprediksi sejak 2011 setelah melihat permintaan tren melemah.

MEDAN- Hingga kini, harga ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil mengalami tren melemah atau tinggal di kisaran 975 dolar AS per metrik ton

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News