Harga Gabah Untungkan Petani, Gapoktan Subur Asri Semringah

Harga Gabah Untungkan Petani, Gapoktan Subur Asri Semringah
Gapoktan Subur Asri Desa Rejo Asri, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah. Foto: kementan for jpnn

jpnn.com, LAMPUNG TENGAH - Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Subur Asri Desa Rejo Asri, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah cukup sumringah.

Pasalnya, musim panen kali ini mereka dapat menikmati harga pembelian gabah yang berpihak kepada mereka, yaitu mencapai Rp 5.900,00/kg gabah kering panen.

Luas panen pada Gapoktan Subur Asri seluas 375 hektare dengan rerata produktivitas yang dicapai 68 ku/ha, lebih baik dibandingkan dengan musim panen sebelumnya dengan capaian 58 ku/ha.

Menurut Dini, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Tengah, meningkatnya produktivitas yang dicapai ini, karena petani mampu menangani serangan OPT dengan baik.

Selain itu, faktor pemilihan varietas benih padi yang tepat sesuai kondisi lokasi pertanaman.

Benih yang digunakan juga merupakan benih terjamin kualitasnya karena merupakan benih berlabel.

Adapun varietas padi yang ditanam petani setempat ialah Mekongga, Ciherang, Inpari 31, Situ Bagendit dan Mapan 05 dan juga varietas lokal lainnya.

"Saya kira panen kali ini benar-benar menguntungkan petani, karena selain harga gabah hasil panen mereka dihargai cukup baik, yaitu dengan kisaran Rp 5.200 - Rp 5.900 per kilogram gabah kering panen, juga karena produktivitasnya meningkat,” uangkap Dini.

Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Subur Asri Desa Rejo Asri, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah cukup sumringah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News