Hari Ini Kereta Bandara Soetta Sudah Bisa Beroperasi

Hari Ini Kereta Bandara Soetta Sudah Bisa Beroperasi
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Ilustrasi Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan kereta api bandara Soekarno-Hatta sudah bisa beroperasi hari ini.

Budi mengatakan hal tersebut setelah kemarin (7/2) mengunjungi lokasi ambruknya beton di Jalan Perimeter Selatan Bandars 5 Februari lalu.

Budi mengatakan jika hasil laporan yang diterimanya, menunjukkan kalau kontrukai dari rel untuk kereta bandara tidak ada yang kurang. Namun dirinya tidak memungkiri jika masih terus dilakukan evaluasi dan perbaikan.

"Saya memang meneliti apa yang terjadi. Dari fakta di lapangan dan kasat mata maka kami lihat bahwasanya jalan kereta api bandara Soekarno-Hatta dapat dioperasikan segera,” tegas Menhub.

"Kalau hari ini (kemarin, Red) sudah selesai, besok (hari ini) bisa beroperasi. Kita tunggu dari kepolisian," ucapnya.

Namun dalam pengoperasiannya, kereta bandara tidak boleh dalam kecepatan penuh. Harus diturunkan.

Selama ini kereta bandara dari Stasiun BNI City atau Sudirman Baru sampai Stasiun Bandara Soekarno Hatta memerlukan waktu tempuh sekitar 55 menit. Jika kecepatan diturunkan bisa jadi waktu perjalanan lebih panjang.

Sedangkan untuk underpass, Menhub mengatakan dilihat dari fisiknya di lapangan, underpass tersebut belum dapat dioperasikan.

Kereta api bandara mulai hari ini sudah bisa beroperasi lagi, namun Menhub Budi Karya Sumadi meminta kecepatan harus diturunkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News