Hari Ini Puncak Arus Balik Menuju Jakarta Usai Libur Paskah

Hari Ini Puncak Arus Balik Menuju Jakarta Usai Libur Paskah
Seorang anggota kepolisian mengatur lalu lintas di dekat Gerbang Tol Cikarang Utama. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - PT Jasa Marga Persero memperkirakan puncak arus balik libur Paskah akan terjadi pada Minggu ini (1/4). Berdasar prediksi BUMN pengelola jalan tol itu, akan ada 90 ribu kendaraan yang bakal kembali menuju DKI Jakarta dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut).

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, pada kondisi lalu lintas (lalin) normal biasanya ada 75 ribu kendaraan yang melintasi GT Cikarut. Namun, karena ada libur panjang maka terjadi peningkatan volume kendaraan di ruas tol yang mengarah ke Cikampek dan Bandung itu.

“Peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Cikarang Utama sebanyak 90 ribu kendaraan atau naik 19,66 persen dari lalin normal sebanyak 75 ribu kendaraan," ujarnya.

Menurut Heru, pada Sabtu (31/3) lalu lintas arus balik ke arah Jakarta terlihat dominan di GT Cikarang Utama. Setidaknya tercatat 72.900 kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama menuju Jakarta, atau naik sebesar 19,9 persen dari lalin normal di angka 60.800 kendaraan.

"Sedangkan kendaraan arah Cikampek yang melalui GT Cikarang Utama terpantau 63.600 kendaraan atau naik sebesar 1,4 persen dari lalin normal (62.750 kendaraan, red),” tutur Heru.

Lebih lanjut Heru mengimbau para pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi kemacetan saat hendak balik ke Jakarta dengan memperhitungkan waktu ataupun menempuh jalur alternatif. Selain itu, Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk selalu tertib dalam berkendara, serta memastikan saldo dalam kartu e-money mencukupi untuk transaksi di setiap gerbang tol.

"Untuk kenyamanan, Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup," katanya.(rdw/JPC)


Peningkatan volume kendaraan menuju Jakarta sudah terlihat di Gerbang Tol Cikarang Utama sejak Sabtu (31/3). Malam ini diperkirakan menjadi puncak arus balik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News