Hari Ini UTBK SBMPTN 2019 Dimulai, Tidak Ada Tes Susulan

Hari Ini UTBK SBMPTN 2019 Dimulai, Tidak Ada Tes Susulan
Ketua Panitia SNMPTN/SBMPTN Ravik Karsidi, yang juga menjabat Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Foto: Dok. UNS

jpnn.com, JAKARTA - Hari ini (13/4) ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi (UTBK SBMPTN) 2019 dimulai. Tercatat, 136.502 peserta akan mengikuti tes hari pertama.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Ravik Karsidi menuturkan, UTBK SBMPTN digelar dalam dua sesi. Sebanyak 68.586 orang akan mengikuti sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 sampai 11.45.

Sedangkan, sesi siang berlangsung pukul 12.30 hingga 16.45 diikuti 67.916 peserta se-Indonesia.

Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta itu menegaskan, peserta harus hadir sesuai jadwal yang dipilih. Jika mendadak tidak bisa mengikuti tes sesuai jadwal, tidak ada tes susulan di lain hari. ”Ya dianggap batal ikut UTBK,” kata Ravik.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Ismunandar menyampaikan kepada peserta UTBK yang mulai ujian Sabtu besok untuk santai saja. ”Karena semua (soal, Red) mengukur potensi yang ada. Potensi pada calon mahasiswa,” tuturnya.

BACA JUGA: Berita Terbaru PPDB 2019, 90 Persen Kuota Sistem Zonasi

Kemudian untuk materi ujian akademik, tujuannya untuk mengukur pemahaman mereka. Soal-soal yang bakal diujikan cenderung berkategori high order thinking. Meskipun begitu soal yang menuntut pemikiran tingkat tinggi tersebut bukan melulu soal yang sulit. Sebab inti soal high order thinking menguji logika peserta ujian.

”Hadapi (UTBK, Red) seperti ujian biasa,” jelas guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Ravik Karsidi menuturkan UTBK SBMPTN digelar dalam dua sesi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News