Hari Pahlawan, Kementan-Bupati Pacu Petani Tanam Padi

Hari Pahlawan, Kementan-Bupati Pacu Petani Tanam Padi
Gerakan Percepatan Tanam Padi Perdana di Banyumas. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANYUMAS - Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi yang juga selaku Penanggung Jawab Program Upaya Khusus (Upsus) Percepatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai Provinsi Jawa Tengah bersama Bupati Banyumas, Achmad Husein melakukan Gerakan Percepatan Tanam Padi Perdana di Desa Kuntili, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Sabtu (10/11).

Gerakan ini merupakan kegiatan guna memperingati Hari Pahlawan.

"Petani adalah pahlawan pangan. Tetap cintai petani. Hargai jerih payah petani. Cintai pangan lokal. Cintai produk Indonesia," kata Suwandi di depan para petani yang hadir di acara Gerakan Percepatan Tanam Padi Perdana.

“Di Hari Pahlawan ini, hargai jerih payah petani, konsumsi pangan lokal, cintai produksi dalam negeri. Selamat bagi para petani sebagai Pahlawan Pangan Indonesia," sambungnya.

Suwandi menuturkan peringatan Hari Pahlawan kali ini merupakan momentum untuk lebih meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produksi pangan khususnya padi.

Karenanya, dia berharap tanam perdana ini bisa diikuti oleh kecamatan lainnya, sehingga bisa mendongrak luas tambah tanam (LTT) padi di Banyumas.

Sasaran LTT tahun ini untuk Kabupaten Banyumas 14787 ha, sudah terealisasi 555 ha. Angka ini terbilang rendah dikarenakan terkendala musim hujan.

"Mudah-mudahan tanam perdana ini bisa diikuti oleh 27 kecamatan lainnya. Ini tanam Inpari 32 dengan pola tanam jajar legowo. Usahakan tanam 40 batang dalam satu rumpunnya. Caranya adalah dengan pemupukan yang baik," jelas Suwandi.

Petani adalah pahlawan pangan karena itu tetaplah cintai petani dan hargai hargai jerih payahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News