Hari Raya Kebudayaan di Borobudur Cultural Feast 2016

Hari Raya Kebudayaan di Borobudur Cultural Feast 2016
Candi Borobudur. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - MAGELANG – Desa-desa di sekitar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah events pariwisata. Namanya Borobudur Cultural Feast 2016 pada 17-18 Desember 2016.

Person in charge (PIC) Pokja Percepatan 10 Desetinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Larasati Sedyaningsih menjelaskan, kegiatan itu merupakan acara yang menyajikan suasana gegap gempita penuh jiwa semangat gotong royong antardesa yang ada di seputar Borobudur.

”Poinnya adalah membangun benteng budaya, menjaga Borobudur sebagai perpustakaan ilmu pengetahuan perabadan dunia dan memulai gerak inovatif kreatif produktif,” ujar Larasati.

Kegiatan berbasis kultural itu akan menambah semaraknya atraksi di destinasi Borobudur yang sudah menjadi satu dari 10 Bali Baru yang dipopulerkan oleh Kementerian Pariwisata. Untuk urusan kegiatan, rencananya akan ada Lomba Lampion Gantung dan Lomba Bregodo Prajurit Desa se-Kecamatan Borobudur, tampilan seni budaya desa, Kirab Nitilaku Mahakarya Borobudur, Sonjo Kampung Borobudur dan Panggung Seni Desa sebanyak empat titik di sekitar Candi Borobudur.

”Ini adalah Hari Raya Kebudayaan Borobudur. Hasil kerjasama PT Taman Wisata Candi yang menaungi Borobudur, Candi Prambanan dan Ratu Boko bersinergi dengan BUMN-BUMN di Indonesia,” ujar Larasati.

Dia menambahkan, tema yang diusung di acara ini adalah Gotong Rotong Pitutur Agung Guyub Rukun Gemah Ripah Loh Jinawi Jayaning Nusantara Amargo Laku Lelaku. Untuk urusan hiburan, acara ini juga dijamin meriah.

Rencananya akan ada pentas seni dari 20 desa yang ada di sekitar Borobudur diantaranya adalah Wanurejo, Tuksongo, Kembanglimus dan Bumiharjo. ”Juga ada pagelaran musik dengan tajuk Sound of Borobudur yang akan menampilkan gitaris ternama Dewa Budjana, penyanyi Trie Utami dan Redy Eko Prasetyo,” kata Larasati.

Bukan itu saja, imbuh Larasati, akan ada juga Karawitan Jogja Gangsa Nagari dan 50 penabuh dari berbagai negara. ”Juga ada persembahan Kirab Nitilaku Mahakarya Borobudur, Tari Gita Persada Borobudur, Relief Penerus dan masih banyak lagi,” ujar Larasati.

MAGELANG – Desa-desa di sekitar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah events pariwisata. Namanya Borobudur Cultural

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News