Hari Raya Nyepi, Ini Rentang Waktu Layanan Internet Dihentikan

Hari Raya Nyepi, Ini Rentang Waktu Layanan Internet Dihentikan
Melasti, biasanya seminggu sebelum Perayaan Nyepi. Ilustrasi Foto: Agung Bayu/Bali Express/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Perayaan Hari Raya Nyepi di Provinsi Bali pada 7 hingga 8 Maret mendatang akan berlangsung tanpa kehadiran layanan internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menugaskan para provider internet untuk menghentikan layanan pada tanggal tersebut.

Keputusan tersebut dikeluarkan melalui Direktorat Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) lewat Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Himbauan Untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama Dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019.

Sebelumnya, imbauan Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali menyampaikan beberapa poin larangan terhadap beberapa aktivitas khusus selama Nyepi. Dalam poin nomor 5, disebutkan bahwa Provider jasa seluler (Internet) tidak diperkenankan untuk menghidupkan layanan mulai dari hari Kamis, 7 Maret 2019 pukul 06.00 WITA hingga Jumat, 8 Maret 2019 pukul 06.00 WITA.

BACA JUGA: Smartfren Matikan Layanan Internat Saat Hari Raya Nyepi 2019

Seruan ini ditindaklanjuti oleh Kominfo dengan mengeluarkan surat edaran tersebut. Plt. Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengungkapkan bahwa keputusan ini telah melalui pertimbangan berbagai pihak. “Ini untuk menghormati seruan bersama majelis agama tersebut,” kata pria yang akrab disapa Nando itu.

Hari Raya Nyepi, Ini Rentang Waktu Layanan Internet Dihentikan

Dalam surat edaran tersebut, diperintahkan kepada seluruh Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk melakukan langkah-langkah dalam mendukung seruan yang dikeluarkan oleh Majelis Agama dan Keagamaan.

Berkaitan dengan perayaan Hari Raya Nyepi, para provider diminta menghentikan layanan internet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News