Hasil Survei: Elektabiltas Jokowi - Ma'ruf Akhirnya Lampaui Prabowo - Sandi

Hasil Survei: Elektabiltas Jokowi - Ma'ruf Akhirnya Lampaui Prabowo - Sandi
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil survei terbaru terkait Pilpres 2019, Senin (25/3). Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru Charta Politika menemukan elektabilitas Jokowi - KH Ma'ruf Amin akhirnya mengalahkan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Jakarta dan Banten.

Berdasarkan survei 1 Maret - 9 Maret 2019, di dua wilayah ini, pasangan Jokowi - Ma'ruf menang 44,2 persen. Sementara Prabowo - Sandi 40 persen dan yang tidak menjawab sebesar 15,8 persen.

Sebelumnya, pada rilis survei Charta Politica pada 16 Januari 2019 lalu untuk Jakarta dan Banten, Prabowo - Sandi unggul 45,6 persen, sedangkan Jokowi - Ma'ruf 44,4 persen dan yang tidak menjawab 10 persen.

BACA JUGA: Survei Charta Politika: Jokowi - Ma'ruf Tak Dipercaya, Prabowo - Sandi Belum Berpengalaman

"Dari segi wilayah, Joko Widodo - Ma'ruf Amin unggul di hampir semua wilayah, kecuali di wilayah Sumatera, di mana Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantornya kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Survei ini dilaksanakan pada 1 Maret - 9 Maret 2019 dengan wawancara tatap muka terhadap 2 ribu responden di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Hasil Survei Charta Politika: 9 Partai Gagal Tembus 4 Persen

Sementara untuk nasional, elektabilitas Jokowi - Ma'ruf 53,6 persen, sedangkan Prabowo - Sandi 35,4 persen. Sebanyak 11 persen responden tidak memilih atau tidak menjawab. (tan/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Maruf Amin Tetap Gas Pol

Hasil Survei Charta Politika menemukan elektabiltas Jokowi - Ma'ruf akhirnya melampuai Prabowo - Sandi di Jakarta dan Banten.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News