Hasil Survei LSI Denny JA: Nih Keinginan Pemilih Muslim terhadap Sosok Ustaz Abdul Somad

Hasil Survei LSI Denny JA: Nih Keinginan Pemilih Muslim terhadap Sosok Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei LSI Denny JA menemukan fakta bahwa 65,7 persen pemilih muslim di menghendaki Ustaz Abdul Somad netral dalam pilpres 2019.

"Kekuatan Ustaz Abdul Somad justru karena publik merasa kepeduliannya pada agama bukan pada capres," ujar Denny JA ketika ditanya seberapa mungkin Ustaz Somad akhirnya mendeklarasikan dukungan kepada salah satu capres.

Menurutnya, jika pada akhirnya Ustad Abdul Somad mendeklarasi dukungan pada salah satu capres, maka itu hanya akan menuai dua kerugian.

Pertama, kata Denny, sangat mungkin Ustaz Abdul Somad akan ditinggal oleh simpatisannya. Bahkan, tak banyak lagi gerbong baru yang bisa ditarik oleh sang Ustaz. Pasalnya, pemilih Muslim yang anti-Jokowi umumnya sudah berada di kubu Prabowo.

BACA JUGA: Hasil Survei: Mayoritas Pemilih Muslim Prabowo – Sandi Ingin RI seperti Timur Tengah

Karena, dari survei terakhir setelah debat capres kedua, Jokowi 58,7 persen versus Prabowo 30,9 persen. Selisih 28 persen. Selisih ini terlalu jauh untuk dikejar.

"Perubahan dukungan yang mampu dibawa Ustad Samad paling hanya di bawah 1 persen. Bukan karena tak memiliki pengaruh, tapi segmen yang bisa ia pengaruhi sudah berada di kubu Prabowo," paparnya.

Kedua, jika Ustaz Somad memihak, pesona Ustaz Somad selaku Kiai yang hanya peduli agama bisa terganggu karena dianggap lebih peduli capres.

Survei LSI denny JA ini seolah mengingatkan Ustaz Abdul Somad untuk tetap menjaga netralitasnya dalam Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News