Hasil Survei: Sejumlah Faktor yang Pengaruhi Pemilih Coblos Caleg Tertentu

Hasil Survei: Sejumlah Faktor yang Pengaruhi Pemilih Coblos Caleg Tertentu
Sejumlah alat peraga kampanye para caleg di simpang jalan KH. Abdulah Bin Nuh Kota Bogor. Foto: Hendinovian /Radar Bogor

jpnn.com, MALANG - Para caleg di Pemilu 2019 harus cermat menentukan alat peraga kampanye (APK) yang bisa meningkatkan ketertarikan calon pemilih.

Membuat tulisan cetak, seperti brosur, disukai oleh calon pemilih dibanding jenis alat sosialisasi yang lain. Tak hanya itu, wajah caleg juga menjadi pertimbangan pemilih saat mencoblos.

Hal ini berdasarkan hasil survei Adiwangsa Research and Consultant bahwa 50 persen warga Malang Raya lebih suka caleg bersosialisasi dengan menggunakan media yang dicetak.

”Warga lebih tertarik dengan sesuatu yang bisa dibaca. Artinya, harus dicetak,” kata Direktur Adiwangsa Research and Consultant Mahatva Yoga, usai rilis hasil survei, Selasa (5/3).

BACA JUGA: Targetkan Jokowi – Ma’ruf Menang Besar di Daerah Ini, 2014 Kalah

Tak hanya itu, masih kata dia, ada beberapa alasan warga memilih caleg dalam pemilu mendatang. Di antaranya, ideologi partai, kenal dengan calegnya, caleg terkenal, caleg loyal, dan suka memberi uang. ”Ada juga faktor caleg cantik dan tampan, tapi masuk urutan kesebelas,” imbuhnya.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPUKota Malang Ashari Husen menyatakan, pihaknya mengapresiasi survei yang dilakukan lembaga tersebut. Sehingga, pihaknya bisa mengetahui langkah-langkah untuk menekan angka golput.

BACA JUGA: Hasil Survei Ini Perlu Diketahui Para Caleg

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pemilih menyoblos nama caleg tertentu di Pemilu 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News