Hasil Unas, Bali Terbaik NTT Terpuruk

Yang Kali ini Gagal, Masih Ada Kesempatan Mengulang

Hasil Unas, Bali Terbaik NTT Terpuruk
Suasana Kelulusan SMA. FOTO : FKMBP Yogyakarta
HASIL ujian nasional (unas) tingkat SMA hari ini diumumkan . Sebanyak 154.079 siswa tidak lulus ujian nasional (unas) tahun ini. Sedangkan 1.398.083 dinyatakan lulus. Secara keseluruhan, jumlah presentase kelulusan siswa tahun ini mengalami penurunan sekitar 3,52 persen dari 93,4 persen pada 2009 menjadi 89,88 persen. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, jumlah peserta unas tahun ini sebanyak 1.522.162. Jumlah siswa yang tidak lulus mencapai 154.079 atau 10,12 persen.

 Meskipun persentase kelulusannya menurun, tahun ini nilai ujian nasional (unas) siswa SMA/MA/SMK naik dibandingkan tahun lalu. Jika tahun sebelumnya rata-rata nilai unas mencapai 7,25, tahun ini rata-ratanya sebesar 7,29 atau naik 0,04.Menurut Mendiknas M. Nuh, kenaikan nilai rata-rata tersebut tidak lepas dari usaha belajar secara keras yang ditempuh para siswa. Kenaikan tersebut terjadi pada sekolah swasta maupun negeri. "Itu bisa berarti di sekolah manapun siswa belajar giat dalam menghadapi unas," ujarnya Sabtu lalu (24/4).

Dari 34 provinsi di Indonesia, nilai rata-rata unas tertinggi dicapai provinsi Bali sebesar 8,08. Tetapi, nilai rata-rata itu masih lebih rendah dibandingkan tahun lalu sebesar 8,14. "Tahun lalu Bali juga meraih nilai rata-rata tertinggi. Alhamdulilah tahun ini bisa dipertahankan," terang Nuh. Selanjutnya, nilai rata-rata unas tertinggi berikut ditempati provinsi Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Sumatera utara. Di provinsi NTT, nilai rata-rata unas jauh terpuruk dengan menduduki peringkat terakhir dari seluruh provinsi di Indonesia, yakni 5,64.

Di DKI Jakarta, pengumumam akan dilakukan secara serentak di lima wilayah. Para siswa akan menerima surat secara resmi dari sekolah apakah lulus atau tidak. Sebanyak 133.866 siswa peserta unas tingkat SMA diimbau tetap tertib. Baik yang gembira lantaran lulus atau yang sedih lantaran tidak lulus.

HASIL ujian nasional (unas) tingkat SMA hari ini diumumkan . Sebanyak 154.079 siswa tidak lulus ujian nasional (unas) tahun ini. Sedangkan 1.398.083

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News