Hati-hati! Pemerasan Bitcoin Mall Alam Sutera Modus Baru di Indonesia

Hati-hati! Pemerasan Bitcoin Mall Alam Sutera Modus Baru di Indonesia
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Modus pemerasan menggunakan bitcoin yang diterapkan pelaku pengebom Mall Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumala, merupakan sesuatu yang baru di Indonesia.

Biasanya, modus memeras menggunakan bitcoin hanya terjadi di luar negeri. "Modus pelaku memilih bitcoin supaya tidak terdeteksi," kata pakar keamanan cyber Pratama Persadha, Kamis (29/10) malam.

Seperti diketahui, polisi menyebut motif Leopard meledakkan Mall Alam Sutera adalah pemerasan. Leopard mengancam pihak manajemen mal dan meminta bayaran 100 bitcoin. Setelah bom tersebut meledak, pelaku mengirim email pemerasan kepada manajemen mal yang berisi permintaan untuk mentransfer sejumlah dana lewat bitcoin. Pihak mal pun memberinya 0,25 bitcoin. Dari jejak inilah Leopard akhirnya diringkus.

Pratama menjelaskan bitcoin adalah mata uang digital yang bisa digunakan untuk transaksi di internet. Di beberapa negara di luar negeri, bitcoin ini sudah bisa ditukar secara langsung dengan uang tunai. Banyak orang yang tertarik menggunakan bitcoin karena nilai tukarnya yang tinggi. Beberapa toko online juga sudah ada yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran. 

“Ada unsur anonymity dalam penggunaan bitcoin," kata Ketua Communication and Information System Security Research Centre itu.

Menurutnya, para penjahat ataupun organisasi kriminal banyak yang memakai bitcoin untuk melakukan modus operandinya sekaligus juga sebagai money laundry.

"Walaupun pelaku mengirimkan email secara anonymous, tetapi tetap bisa terlacak dari alamat IP yang digunakan sehingga pelaku bisa tertangkap,” kata Pratama.

Menurutnya pula, saat ini belum ada peraturan dari pemerintah yang terkait penggunaan bitcoin. Diharapkan ke depannya pemerintah bisa mengatur ataupun membatasi seperti apa penggunaan bitcoin di Indonesia. "Jangan sampai modus pemerasan bitcoin ini terjadi lagi," tegasnya.

JAKARTA - Modus pemerasan menggunakan bitcoin yang diterapkan pelaku pengebom Mall Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumala, merupakan sesuatu yang baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News