Haul Perdana Gus Dur di Tebuireng Tadi Malam

Haul Perdana Gus Dur di Tebuireng Tadi Malam
Haul Perdana Gus Dur di Tebuireng Tadi Malam
JOMBANG -- Untuk kali pertama haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dihelat tadi malam (18/12) di areal pemakaman, kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.  Keluarga besar Gus Dur hadir dan  berbaur di antara ribuan orang yang kebanyakan mengenakan pakaian serbaputih.

Keluarga besar Gus Dur yang hadir, antara lain, Ny Sinta Nuriyah (istri) bersama empat putrinya. Mereka adalah Alissa Qatrunnada, Zannuba Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid, Anita Hayatun Nufus, dan Inayah Wulandari. Bersama sejumlah cucu Gus Dur, mereka duduk berdampingan secara lesehan di panggung utama bersama para tamu undangan. Misalnya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud M.D., Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Syaifudin, dan Kapolda Irjen Pol Badrodin Haiti.  Saudara Gus Dur lain seperti dr Umar Wahid dan Lily Wahid juga tampak hadir.

Sebagai tuan rumah, dalam sambutannya Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahudin Wahid (Gus Solah) mengatakan, makam Gus Dur tidak banyak berubah meski pemerintah pusat dan daerah mengalokasikan anggaran Rp 180 miliar. Ini karena dana tersebut hanya diperuntukkan kegiatan pelebaran Jalan Raya Jombang"Gudo, pembebasan lahan untuk parkir, serta pembangunan infrastruktur lain. "Makam Gus Dur ya tetap seperti tahun lalu, seperti yang Bapak Ibu saksikan saat ini," lontar Gus Solah.

Yeny Wahid yang mendapat giliran kedua dalam sambutannya mengatakan, kini makin banyak orang yang mencintai Gus Dur. Itu karena berbagai sikap positif Gus Dur yang dikembangkan semasa hidupnya. "Gusdurian makin banyak. Mereka termasuk yang hadir di acara haul malam ini," papar Yeny.

JOMBANG -- Untuk kali pertama haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dihelat tadi malam (18/12) di areal pemakaman, kompleks Pondok Pesantren Tebuireng,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News