Henrikh Mkhitaryan Terancam Absen di Final Liga Europa Gara-Gara Urusan Politik

Henrikh Mkhitaryan Terancam Absen di Final Liga Europa Gara-Gara Urusan Politik
Henrikh Mkhitaryan (dua kiri). Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Gelandang Arsenal berkebangsaan Armenia Henrikh Mkhitaryan terancam tak bisa merumput di final Liga Europa 30 Mei nanti.

Menurut Daily Mail, tensi dan relasi politik yang kurang harmonis antara Armenia dengan Azerbaijan membuat status Mkhitaryan turun di final menjadi tidak jelas. Pelatih Arsenal Unai Emery belum buka suara soal kans absen Mkhitaryan di Olympic Stadium Baku akhir bulan ini.

Hubungan tak apik Armenia dengan Azerbaijan sudah mengganjal kesempatan Mkhitaryan bermain musim ini. Yakni ketika Arsenal melawat ke markas klub Azerbaijan FK Qarabag pada matchday kedua grup E (4/10) lalu.

“Saya menaruh hormat kepada setiap pemain saya, termasuk budayanya, apa kewarganegaraanya. Namun untuk Mkhitaryan saya tahu dia menghadapi situasi yang berbeda kali ini,” ucap Emery kala itu.

Ancaman yang dihadapi Mkhitaryan tak main-main jika tetap nekad berada di Azerbaijan. Sejak Perang Nagorno-Karabakh pada 1994 lalu, relasi antara kedua negara memang tak pernah akur.

(Baca Juga: Kabar Buruk Buat Chelsea, Unai Emery Punya Rekor Sempurna di Final Liga Europa)

“Dengan level superstar Armenia yang disandangnya maka lebih aman buat Mkhitaryan tak pergi ke final kali ini. Mkhitaryan adalah wajah sepak bola Armenia saat ini,” tulis Daily Mail kemarin.

Kisah serupa pernah terjadi pada Mkhitaryan ketika masih berkostum Borussia Dortmund. Pada musim 2015-2016 lalu Dortmund melawat ke markas tim Azerbaijan, Qabala. Padahal saat itu UEFA menggaransi pemain 30 tahun itu mendapatkan visa masuk Azerbaijan.

Hubungan tak apik Armenia dengan Azerbaijan sudah mengganjal kesempatan Henrikh Mkhitaryan bermain di Liga Europa musim ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News