HET Berlaku, Harga Beras Premium Turun Capai 50 Persen

HET Berlaku, Harga Beras Premium Turun Capai 50 Persen
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menggelar inspeksi di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (13/4). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Langkah berani Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dalam menata kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) menuai hasil.

Kebijakan beras ini merupakan terobosan baru yang belum pernah dilakukan selama ini. Alhasil, kebijakan ini terbukti efektif dan dipatuhi para pedagang di pasar.

Sejumlah pusat belanja modern di DKI Jakarta telah menaati Peratuan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 tahun 2017, tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 31 tahun 2017 tentang Kelas Mutu Beras.

Peraturan tersebut berlaku efektif mulai Senin (18/9) kemarin. Harga beras premium turun mencapai 50 persen, dari yang semula Rp 22 ribu hingga Rp 36 ribu per kg, turun menjadi Rp 12.800 per kg.

Hal tersebut sesuai hasil pantauan di beberapa ritel di berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya sejak Minggu, (17/9) hingga Senin (18/9). Beras premium dengan merk Maknyuss di Carrefour Cilandak, Jakarta Selatan harga Rp 12.800/kg dan beras premium merk Hoki di Giant Cilandak harga 12.800/kg.

Begitu pun, beras medium dan premium kemasan 5-50 kilogram di Lotte Mart Pasar Rebo Jakarta Timur, ?F??oodmart Plaza Semanggi Jakarta Pusat, dan Giant Bekasi, juga sesuai HET. Beras premium di Hero Sarinah Jakarta Pusat juga sudah sesuai Permendag.

Terkait hal ini, Ketua Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) DKI Jakarta, Nellys Soediki, menerangkan harga beras di Ibu Kota stabil di hari pertama penerapan HET. Contohnya, kualitas medium dijual Rp 8.900-9.000/kg.

"Untuk premium, yakni Rp 9.400/kg hingga Rp 10.500/kg. Masalah stok, juga masih stabil," terang Nellys di Jakarta, Senin (18/9) malam.

Kebijakan beras ini merupakan terobosan baru yang belum pernah dilakukan selama ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News