HNW Berharap Hubungan Indonesia - Tiongkok Berimbang dan Saling Menguntungkan

HNW Berharap Hubungan Indonesia - Tiongkok Berimbang dan Saling Menguntungkan
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menerima sembilan tamu dari Tiongkok pada hari pertama bulan puasa, Senin (6/5/2019) di Ruang Kerjanya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Delegasi dipimpin oleh Lu Zhenhua itu adalah anggota legislatif dan eksekutif Yibin Sichuan.

Kedatangan mereka disambut dengan terbuka oleh HNW. Dia berharap kedatangan Lu Zhenhua bersama yang lain bukan kunjungan yang pertama.

BACA JUGA: Mardani: Pak Presiden, Tidak Cukup dengan Berucap Turut Berdukacita

“Semoga kunjungan ini bisa memberi rasa nyaman dan berkelanjutan,” ujar pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu.

Diakui oleh Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu hubungan Indonesia - Tiongkok telah terjalin sejak ratusan tahun yang lalu. Untuk itu, hubungan antarpemerintah, antarparlemen, dan antarmasyarakat perlu ditingkatkan dan menjadi lebih baik.

Menurut HNW, peran parlemen sangat penting untuk meningkatkan hubungan diplomatik antarbangsa.

BACA JUGA: Diduga Menggelembung 140.514 Suara, Kinerja KPU Bali Dipertanyakan

“Dalam negara demokrasi, parlemen mempunyai peran penting dalam pembuatan kebijakan termasuk masalah urusan luar negeri,” ujarnya.

Hidayat Nur Wahid berharap hubungan Indonesia - Tiongkok berimbang dan saling menguntungkan. HNW menyarankan agar Tiongkok memberi bebas visa kepada orang Indonesia sebab Indonesia telah memberi bebas visa kepada orang Tiongkok agar equal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News