HUT Kemerdekaan RI di Istana, Suvenir Sedot Anggaran Terbesar

HUT Kemerdekaan RI di Istana, Suvenir Sedot Anggaran Terbesar
Presiden Joko Widodo saat berkeliling jelang Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara menganggarkan dana Rp 12,1 miliar untuk Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Istana Negara yang berlangsung hari ini.

Angka sebesar itu diungkapkan Koordinator Investigasi Center Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman.

Jajang menyayangkan, di saat berbagai pemberitaan menyebutkan defisit anggaran negara, pemerintah ternyata tidak sulit menghabiskan Rp 12 miliar untuk merayakan hari ulang tahun Indonesia.

”Dengan defisit APBN yang dimiliki, ini saatnya mengheningkan cipta untuk pengeluaran anggaran itu,” kata Jajang.

Menurut Jajang, sedikitnya terdapat 36 proyek atau program yang dijalankan istana terkait peringatan HUT RI.

Berdasar data yang dianalisis CBA melalui satker istana kepresidenan, sejumlah program dianggarkan, mulai yang remeh-temeh, seperti pembuatan tanda petunjuk arah dan pembuatan tanda pengenal khusus, sampai jamuan snack makan.

”Tujuh proyek dilaksanakan dengan lelang sederhana, sisanya dengan pengadaan atau penunjukan langsung,” kata Jajang.

Dia menjelaskan, secara keseluruhan, anggaran yang disiapkan Kemensetneg untuk perayaan HUT ke-72 sebesar Rp 12.182.967.000.

Kementerian Sekretariat Negara menganggarkan dana Rp 12,1 miliar untuk Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Istana Negara yang berlangsung hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News