Hyundai Akan Terapkan Teknologi Sidik Jari di Santa Fe 2019

Hyundai Akan Terapkan Teknologi Sidik Jari di Santa Fe 2019
Ilustrasi kabin Hyundai. Foto: Hyundai

jpnn.com, SEOUL - Hyundai Motors Corporation dilaporkan tengah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengemudi bisa membuka pintu dan menyalakan mobil dengan sensor sidik jari.

Melansir Ubergizmo, Selasa (18/12), rencananya teknologi anyar itu akan dipasang di Santa Fe model 2019. Produsen asal Korea Selatan itu dikabarkan akan merilis kendaraan berteknologi sidik jari di China pada kuartal pertama 2019.

Dalam praktiknya, pengguna bisa mendaftarkan sidik jari mereka ke mobil sebelum akhirnya menggunakan sistem tersebut.

Sensor sidik jari akan terpasang di handel pintu mobil. Data yang terekam dan terenkripsi kemudian akan didistribusikan ke sistem hingga pintu mobil bisa terbuka.

Nantinya, mobil akan secara otomatis menyesuaikan posisi duduk serta sudut kaca spion dengan sang pengemudi. Hyundai juga berencana menambahkan pengaturan suhu khusus, kelembaban dan pengaturan kemudi.

Ini bukan kali pertama sidik jari digunakan untuk mobil, namun Hyundai akan menjadi pelopor yang menempatkan sendor sidik jari di pegangan pintu. Pasalnya hal tersebut terbilang sulit dilakukan karena munculnya kekhawatiran akan keamanan dan daya tahannya.

Misalnya, pemindai sidik jari di posisi itu harus mampu bertahan dari sinar matahari, suhu rendah di musim dingin serta hujan.

Hyundai mengatakan, teknologi sidik jarinya menggunakan kapasitansi manusia, sehingga mampu membedakan tingkat listrik di berbagai bagian jari. (mg9/jpnn)


Hyundai Motors Corporation dilaporkan tengah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengemudi bisa membuka pintu dan menyalakan mobil dengan sensor sidik jari.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News