ICW Pertanyakan Hak Politik Idrus Marham Tidak Dicabut

ICW Pertanyakan Hak Politik Idrus Marham Tidak Dicabut
Mantan Sekjen Golkar Idrus Marham saat menjalani persidangan dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (23/4). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyesalkan putusan Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta yang tidak mencabut hak politik Idrus Marham terkait kasus suap PLTU Riau-1.

Putusan ini pun mengacu pada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam putusan di PN Tipikor Jakarta, mantan Menteri Sosial itu pada Selasa (23/4) telah divonis tiga tahun penjara serta denda Rp 150 juta subsider dua bulan kurungan penjara.

“Sebenarnya pencabutan hak politik ini untuk menimbulkan efek jera atas perbuatan yang sudah dilakukan, dan untuk mencegah agar orang-orang ini tidak lagi menduduki jabatan publik,” kata peneliti Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Kurnia Ramadhana, Minggu (28/4).

BACA JUGA: Jaksa KPK Ingin Idrus Marham Dijatuhi Hukuman 5 Tahun Penjara

Pencabutan hak politik, kata Kurnia, diatur dalam Pasal 18 ayat (1) huruf d UU Tipikor jo Pasal 10 jo Pasal 35 KUHP. Idrus sendiri merupakan seorang politukus, seharusnya KPK dalam tuntutannya dapat menggunakan aturan tersebut.

Alasan Idrus tidak dicabut hak politiknya, mengutip pernyataan jaksa, karena perbuatannya dilakukan saat belum menjabat sebagai Menteri Sosial atau jabatan publik.

“Memang tidak mewajibkan penegak hukum untuk mencabut hak politik jika orang ini anggota DPR atau DPRD, tapi anggapan kita kalau itu berpotensi seperti Idrus Marham ketika dia vonis dan telah bebas bida menduduki jabatan politik, seharusnya itu juga bisa dicabut oleh KPK,” tegas Kurnia.

ICW menyesalkan putusan Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta yang tidak mencabut hak politik Idrus Marham terkait kasus suap PLTU Riau-1.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News